Rabu, 08 September 2010

Krisis Moral Kekristenan Masa Kini

Yak 2.1-13
by.gr.abnerpanjaitan
Pendahuluan;
Manusia diciptakan Allah dengan lengkap, termaksud didalamnya yaitu moral. Maka semua manusia mempunyai moral, moral yang baik dan buruk. Yang dimaksud dengan moral adalah hal yang menyangkut baik buruk. Moral seringkali condong kepada hal-hal yang buruk, karena lebih mudah melakukan yang buruk daripada yang baik. Menurut Kamus umum bahwa pengertian moralitas berubah dari dua kata,yaitu moral dan moralis yaitu;
Moral yaitu, baik atau buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, akhlak, kewajiban dan budi pekerti. 
Moralis yaitu,orang yang terlalu mementingkan moral atau orang yang mengajarkan atau orang yang mempelajari moral sebagai filsafat.
Jadi pengertian moralitas,dapat disimpulkan sebagai berikut; Sopan santu yang berhubungan dengan etiket atau adat. Perbuatan moral adalah sebagai perwujudan iman, tuntutan moral terhadap manusia berdasarkan karya Allah bagi manusia(bnd Fil 2.13-14).Usaha manusia untuk mengembangkan adalah berasal dari hati yang di rahmati Allah. Lawan dari moralisme yang beranggapan bahwa dengan perbuatan baik manusia mendapat keselamatan.Di dalam suara hati, manusia mengenal dan melihat cita-cita dari hidupnya, mana yang baik dan mana yang lebih mendesak di dalam hatinya, manusia dapat mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar