Sabtu, 18 September 2010

Ruhut ngolu na porsea di Tuhan i


Poda 23.22-26
by.gr.abnepanjaitan'

Marsahit do roha ni sada keluarga ala pangalaho ni ianakhona na sai mambahen hagaoron di bagas nasida, ndang olo be manganturehon angka poda ni natoras na, sai marlomomolo do ibana sadiahari mulang dohot na mulak tu bagas. Molo dipasingot natorasna ibana, sai alus na so patut haruar, jotjot do malitondi angka iboto na mangida ibana, ai molo so saut na pinangido na gabe sude do angka na bagas i gabe disusai.Olo do alani saotik gabe bada bolon di bahe, molo nunga muruk natorasna gabe i nama dalanna ndang mangan, i nama dalan mangulahon na so patut.
Sian barita on boi taida tu godang do marsahit roha ni hita nuaeng mangida angka parange ni sundut na umposo boi  do alani angka kemajuan jaman, parsaoran na so membangun/mendidik gabe terpengaruh di lingkungan si ganup ari. On ma sada sian rumang ni angka pangalaho na sai taida diparngoluan sijagaonta ditingki on.
Tung umbuk do barita di buku Poda on na manaringoti Ruhutruhut ni porsea di Tuhan i. Sahat tu tingki on tung ringkot do angka sipaingot ni angka natuatua dohot ngolu na manangihon dalan laho palashon roha ni natoras di adopan ni ianakhon/sundut na umposo. Didia do dasor na asa ditangihon ianakhon natoras na? Parjolo; Ala natoras di pangke Debata do gabe pamondai di adopan ni angka ianakhon, lapatanna natoras do na gabe pamuhai angka ruhutruhut ni ngolu ni di bagas jabu asa molo nunga mangodang jala marroha ndang be sihabiaran ibana manang gabe ndang adong dasor na. Paduahon; Di bagasan ngolu ni bangso Israel tung tangkas do fungsi ni bagas nasida songon parsingkolaan (5 Musa 6.7) didok “jala ingkon gogoonmu mangajarhon angka I tu angka anakmu…”(ptds I Musa 18.19) tanggung jawab na balga do diadopan ni Debata. Patoluhon; Asa leleng mangolu( 2 Musa 20.12), marhite na olo marsiajar marparange hapantunon, marapangkuling, marparsaoran na denggan. Bagabaga do hata on jala ndang holan martudutudu tu ganjang umur(isara; sian 50 taon gabe 150, marnini marnono) alai dohot dihamham i las ni roha, hasonangan dohot ragam ni pasupasu pardagingon nang partondion(Patik V).
Sikap songon dia do na taida diturpuk Poda 23.22-26 on na gabe ojahan di parange na ingkon hobasanta di partingki na mansai rundut dohot maol ni na mangalului ngolungolu? Ingkon idaonta ma ruhutruhut ni parsaoran di tongatonga ni bagasnta na tung denggan jala na gok hadumaon, las ni roha dao sahit ni roha di natoras dohot di angka ianakhon.
Didok ojahanna ingkon mulak hita tu tanggungjawab ianakhon na manangihon poda ni natoras, dohot natoras na ingkon magaradoti huhut mangulahon ruhut pamodaion na marojahan di tanggung songon naposo ni Debata.
1.       Tangihon hata ni amangmu, jala unang toishon inangmu dung matua(ay 22)
Sikap na manangihon tarida do sian sasahalak olo mangulahon, marparateatehon jala mamangke sude poda, ajaran i tu ngolu di parsaoran siganup ari. Adong pandohan na mandok; ”Cintailah hidup dan hidup akan mencintai Anda. Cintailah seseorang dan ia akan mencintai Anda”. Lapatanna halak na manghaholongi ngoluna, haholongan na do poda na pangoluhon manang ruhut na dibagasan ngolu on. Ise na manghaholongi sasahalak(podana) lomo do roha na di ngolu poda i. Sikap dohot parange na olo manangihon do dalanta pasangaphon natoras, ndada di tingki marujung ngoluna bahenon gondang pitu ari pitu borgin, seaton horbo sitingko tanduk, hape ditingki ngolu na ndang hea boi didai angka parange na denggan sian nasida. Ndang na mangorai na patupahon sisongon molo marujung ngolu ni natoras alai dengga ma nian di ngolu na tahaholongi natoras i gabe Debata na taida, unang tatoishon inangmu molo tung sipaturetureon ibana, alai haholongi ma sian nasa roham ido ruhut ni ngolu na dibagasan Tuhan. Didok di Poda 30:17 ”Mata ni halak na mangelak amana, jala malluk rohana mangoloi tona ni inana, ingkon pulsikkonon ni pidong sigak di topi ni sunge jala parsurageon ni anak ni lali. Boasa lam godang taida di pudian ni arion angka roha na tois marnatuatua?. Torop sahat tu na mamunu natorasna...songon i na tega mangambolongkon ianakhon manang mamunu ianakhonna ala ni tekanan ekonomi, persoalan ama-ina dohot angka na asing. Alusna boi dohononta ima nunga be lam mengimbukbuk dosa i ditongatonga ni hajolmaon. Ndang mangolu be jolma i dibagasan habadiaon dohot hatiuron dohot hasesaan ni dosa ( 1 Joh 2.12). Sada siingoton ni ianakhon songon ni natoras dipataridahon ma roha na marpangoloion, holong dohot dame, dipatupa ma i songon na di Tuhan i sandiri, ndada na tu jolma, na marlapatan tujuan ni hubungan na harmonis, uli, denggan i ma asa marsangap Debata marhitehite na ibana i, i ma keluarga na porsea di Tuhan i(ptds Kol 3.20-21).
2.       Tuhori hapistaran parbuehon na palashon roha ni natoras( ay 24-25)
Dipodai Raja Salomo do hinaringkot ni na girgir marsiajar di angka hasintongan, poda, sipaigot dohot hapantason ni roha. Tujuanna, ima asa pistar, marhabisuhon, marhapantunon jala umboto manimbang lomo dohot sogo ni roha ni Debata. Jala ndada holan marpanghorhon tu dirina sandiri, alai dohot do patubu las ni roha jolma sihatoropan (ay 23). Di turpuk on di dok ingkon marlas ni roha ”Amangmu dohot di Inangmu”, jala marolopolop. Tung mansai bagas panghorhon ni sahalak ianakhon molo marhabisuhon pola patubuhon hatuaon dohot hapantason dohot las ni roha di amangna dohot di inangna, tontu hasangapon do na ro. Gabe dohot nang marsangap halak na solhot tu ibana siala nunga suan dibagasan dirina integritas na denggan. Disada pandohan ni Samuel Johson didok ibana songon on; ”Integritas tanpa disertai pengetahuan adalah kelemahan, pengetahuan tanpa disertai integritas adalah bahaya dan mengerikan”. Mansai ampit do tu hata ni si Salomo on ”Tuhori hapistaran”. Molo nunga mian hapistaran di diri ni sasahalak boi ma ibana mameangkhon dirin songon naung sinondangan ni Hata ni Debata 1 Joh 2:5-8 ”Alai na mangaradoti hatana, naung tutu ma gok haholongon ni roha ni Debata di bagasan ibana. Sian i ma taboto, hita di bagasan ibana. Na mandok, mian di bagasan Ibana, ingkon diparangehon ma songon Ibana. Ale dongan, na hinaholongan, ndada patik na imbaru na husurat tu hamu, patik naung leleng do, na di hamu sian mulana. Patik naung leleng, i do hata na binegemuna i. Tong do na imbaru patik na husurat tu hamu, sintong do i di bagasan Ibana dohot di bagasan hamu, ai na salpu ma na holom; nunga marsinondang nuaeng Panondang na sintong i. Holang ma ibana sian dirina pangalaho na manusai ngolu ni donganna,alai sai dame na ma diboan di angka parsaoran. Hapeahan ni hata ni Debata do gabe ojahan ni ngoluna siganup didia pe ibana maringan. Tontu udut ni i sude i laho mangeahi ngolu na ”lebih berkwalita”. Mangihuthon Raja Salomo ima ngolu i mambahen taruli angka dongan na di humaliang ibana di hatuaon, las ni roha, olopolop dohot parsaoran na denggan. Jadi ndada mamingkirhon manang holan na manumpak tu dirina sandiri ngolu na berkwalitas i, alai mangalehon dai na tonggi,jala na tabo tu angka dongan dohot na humaliang. Boha do hita, nunga taharinggashon tumangihon dohot mangguruhon angka hata hasintongan sian Debata?  Domu tu haruasonta be songon halak kristen.  Di horong dia  hita  nuaeng tahe ? Molo di horong anak dope, taeahi ma asa lam tu torasna hakristenonta i. Molo nunga di horong dolidoli, gogo ma tataluhon musunta jala tahamonangkon paraloan haporseaon i. Molo nunga di horong ama/natoras hita, gabe tiruan jala silehon poda ma hita tu donganta. Las ma rohanta jala taingot ma ! Nunga mian di hatiuron hita dibaen Tuhanta, ndang be di haholomon. Alani i parange, parulan dohot nasa panggulmiton ni ngolunta tiur ma. I do lomo ni roha ni Tuhanta. Hita naung mian di hatiuron  do na manghirim ngolu na hot ro di salelenglelengna.
3.       Manangihon huhut mangulahon joujou ni Tuhan i(ay 26)
”Sai lehon ma, ale anaha, rohami tu Ahu, sai dihalomohon matam ma angka dalanku”. Thema ni minggunta na marsoara di parsaoranta nuaeng, boha do na mangalehon roha tu adopan ni Tuhan i? Jala Topik  ”Manghalomohon Dalan Ni Debata”, boasa ringkot hita mangalehon jala mardalan di dalan ni Debata? Ra sungkunsungkun on gabe patuduhon alus do on laho pagomoshon tu hita asa lam tatanda dia do dalan hangoluan dohot hamangoan. Boha do hita mangolu dibagasan ruhut na denggan, mangulahon jala manangihon joujou ni Tuhan di pardalan ni ngolunta. Godang ni angka parungkilon, parsaoran na lam ngali di jolma i, ido na taadopi di zaman na majuon, marungkil do hita di angka parange ni ianakhon dohot natoras na tois di pamodaion tu sundut na umposo, nung lam lupa jolma di tanggung jawab na di jolo ni Debata songon pribadi na bertanggung jawab songon ruas ni huria, didok na bisuk taringot tu tanggung jawab songon on; ”Orang yang paling bertanggung jawab atas kesuksesan dan kegagalan diri anda adalah anda sendiri” (Erich Watson). Adong do halak molo sega rumah tangga na sai dilului angka na gabe kambing hitam panghorhon ni kegagalan i, bangkol do halak manalahon dirina songon pribadi na bertanggung jawab di situasi dia pe.  Hape taida naung gumodang do tingki i gabe ambolong tu na so marlapatan, di sundut ianakhon, nang di angka natoras. Mangalehon roha mangolu dibagasan poda, aturan dohot ruhutruhut ni ngolu on asa dipature  ido joujou ni Tuhan tu hita nuaeng, asa lam tangkas jala nalnal ngolu na dipasupasu Tuhan i. Halak na so tois di pangalaho na marhadaulaton ima tudutudu nglunta naung mian di Tuhan I, ngolu na marhaposan na tau pasonanghon, mamangke parbinotoan pasanghon Tuhan I, mangargahon tanggung jawab etika(praktiaka hidup) ngolu na marhomangan dibagasan dalanNa na sintong. Manangihon jala mangulahon joujou ni Tuhan tung uli dohot denggan do I gabe patuduhon sikap ni na porsea di hataNa. Ise do na ingkon mamingkirhon dohot mangalehon rohana tu hata ni Debata? Didok Epistel Minggu on”Horong dakdanak, dolidoli dohot Ama” ( 1 Joh 2.12-17), sian on taida paboa tanggungjawab ni ganup na porsea do hape mamatahon, mangolu di hataNa. Siihuthon Kristus tarida do pangalahona songon ruas ni huria naung matoras marhite; parange, diparrohaon, di panghataion dohot dikwalitas ni haporseaonna. Ndang muramura mandele, putus asa alai sai marhahotan di ojahan ni huria na matoras.
Panimpuli;
·          Keluarga ima basis na paling strategis di ulaon patorashon ngolu partondion, bagas do basis na efektif di pencerdasan ni ngolu angka ianakhonta (ptds Poda 1.7.a). Asa boi ianakhonta ”Marruhut na denggan” tu natorasna songon na pinadahon ni turpuk on, ingkon papataron ni natoras do haporseaonna di Jesus di tongatonga ni Jabu/bagas marhite pamodaion, songon natoras do na gabe ”guru utama” jala ”guru parjolo” di dakdanaknta.
·          Parbinotoan moral, etika di ngolu siganup ari di tingki on unang be lemba rohanta, natoras do bertanggungjawab dimoral & etika na arga di jolo ni Debata tu sundut na umposo. Didok Martin Luther sahali songon on: ” Sintong do manegai roha ni dakdanak molo so pinsang, alai angkup ni linsinglinsing ingkon paradeon do apel tu dakdanak”.

Selasa, 14 September 2010

Hamba Kebenaran

Roma 6.18-23
gr.abnerpanjaitan

Kesetian pada firman Tuhan adalah pondasi kepatuhan iman yang tulus dan yang mendorong senantiasa melakukan kebenaran Tuhan. Keteguhan iman dan energi yang memancarkan dari karunia dan kesaksian Kristiani untuk diuji dan energi iman menunjukkan apakah kita sungguh-sungguh untuk hidup baru di dalam kehendakNya. Sedangkan orang yang tidak percaya tidak meyakini kebajikan yang dilakukan dalam nama Yesus. Seringkali bahkan  lebih mempercayai keselamatan yang ditawarkan oleh fakta atau alias dunia daripada bertekun dalam iman percaya dan doa kepada Tuhan ( Kis 6.4). Kemerdekaan adalah titik pensucian yang mereformasikan kepada hidup baru di dalam kehendak Tuhan sehingga berpotensi masuk ke sorga. Rasul Paulus mengatakan dalam suratnya Kol 2.12:"karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati".
Orang Kristen adalah hamba kebenaran! Namun tidak sedikit orang yang mengaku sebagai orang Kriste tetapi cara hidup yang dia miliki adalah cara hidup duniawi(bnd Gal 19-21). Tidak sedikit yang mengaku sebagai pengikut Yesus namun dia diperhamba oleh dosa(Roma 6.2). Dosa bisa menjadi masalah yang sangat serius dalam hidup manusia. Yang dapat menjadi penyebab dari banyak masalah kehidupan. Dan sayangnya dosa tidak dihapus atau diselesaikan dengan apapun juga. Harta kita tidak dapat menghapuskan dosa, kedudukan atau kekuatan kita juga tidak apalagi kepandaian dan ketenaran. Sekali dosa menyengat kehidupan manusia, maka racunnya akan mencemari seluruh kehidupan dan membinasakan ( lih 1 Kort 15.56). Tuhan tahu bahwa semua manusia sedang menuju kebinasaan akibat dosa (lih 23) dimana dikatakan bahwa "upah dosa adalah maut". Tidak ada satu orang manusiapun yang sanggup menyelamatkan dirinya dan tidak ada satupun manusia yang sanggup menolong dirinya sendiri. Dan inilah yang mendorong Tuhan mengambil inisiatif, Tuhan yang turun tangan untuk memerdekakan manusia dari perhambaan dosa dan hidup bukan lagi berada dibawah hukum taurat tetapi hidup di bawah kasih karunia. Dalam Kisah Para Rasul 4.12 dikatakan; "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Dengan tegas ia mengatakan manusia tidak sanggup menyelamatkan dirinya, dan tidak ada kuasa apapun yang sanggup menyelamatkan manusia, kecuali kuasa Tuhan Yesus Kristus. Paulus mengatakan bahwa setiap orang yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruslamat pasti menerima kehidupan yang kekal dan tidak turut dihukum.
Pengajaran Rasul Paulus menekankan dasar yang telah menerima Tuhan Yesus adalah menjadi hamba kebenaran dan yang menujukkan Tuhan sebagai sumber kebenaran itu. Ketaatan dan kesetiaan kita akan kebenaran dengan melakukan hal-hal yang benar akan membawa kita kepada pengudusan (ay 22), atau pemurnian dari yang kotor menjadi bersih, dari yang tidak murni menjadi murni, dari kematian menuju kehidupan yang kekal. Kemerdekaan dalam Kristus  terbebas dari ikatan yang mendatangkan kebinasaan, menuju hidup dalam kemurnian hati dan memerdekakan kita dari kuasa dosa. Pertahankan apa yang baik dan yang berkenan kepada Tuhan, hasilkan buah yang sesuai dengan pertobatan. Dia akan datang maka jangan sampai kita lengah di dalam kenikmatan dunia ini(lih Mat 3.8). Pemazmur mengatakan dalam doa untuk menujuh kebenarnya Mzm 43:3 "Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!

Senin, 13 September 2010

Luka baru dalam Tubuh Kristus

gr.abnerpanjaitan

Baik didunia umumnya maupun di Indonesia khusunya masyarakat manusia sedang mengalami perubahan dan gejolak yang pada satu pihak membuka harapan akan masa depan yang lebih baik, tetapi pada pihak lain melahirkan pula rasa kwatir akan kehancuran. Idiologi-idiologi yang masing-masing didukung oleh kekuatan politik, sosial, militer yang saling berhadapan. Dalam keinsafan akan kelemahannya di tengah-tengah kekuatan-kekuatan yang besar tadi, maka gereja baik di dunia umumnya maupun di Indonesia khususnya, perlu meninjau panggilannya di tengah-tengah dan terhadap masyarakat yang sedang bergolak dan berubah dengan cepat itu, dengan berpegang kepada "Iman, Pengharapan dan Kasih". Gereja di semua tempat dan di semua jaman taat terhadap Tuhan yang sama, akan tetapi terhubung dengan perubahan-perubahan dalam jaman kejaman dan dari tempat ketempat. 
Dengan demikian manusia sebagai "Tubuh Kristus" bertugas untuk melakukan humanisasi bagi dirinya dan bagi dunia, humanisasi yang bersifat kolektif yang memerlukan teman/sahabat untuk berkomunikasi. Perkembangan Ilmu dan Pengetahuan mau tidak mau membawa dampak positif atau negatif terhadap sistim sosial yang telah ada, bahkan memberikan pengaruh yang sangat menentukkan dalam kelestarian "Tubuh Kristus" itu sendiri. Perubahan yang dialami dipengerahu oleh Ilmu pengetahuan dan kekuatan mengakibatkan banyaknya sikap manusia yang memperlakukan seseorang yang dianggap lebih kecil (minoritas) tidak diberikan kebebasan dalam menjalan tanggungjawab dan juga haknya. Pada saat ini sudah banyak korban dan tindakan yang sporadis yang dilakukan kelompok dan orang tertentu melecehkan kekebasan dan hak secara totalitas sebagai warga negara dan lingkungan yang dia tempati. Nuasa SARA yang terjadi di bumi ini seakan-akan tidak memeliki akhitnya, PANCASILA sebagai Pemersatu Indonesia sedang diguncang oleh sikap dan tindakan yang anarkis dalam lingkungan sosial yang bermartabat. Usaha Teror yang terjadi juga menhantam keberadaan sikap nasionalime yang kian hari semakin terkikis. Teror yang menakutkan membuat luka baru dalam keberagaman umat manusia di dunia Indonesia yang kita cinta dan banggakan.
Usaha menciptakan ketakutan, kengerian dan kekejaman oleh seseorang atau kelompok seolah-olah menjadikan kelompok tertentu sebagai pamong dan kekuasaan yang berlebihan. Ketakutan inilah yang kini dirasakan banyak komunitas Kristiani. Nuasa Sara ini dianggap momok yang menakutkan oleh warga gereja di negeri ini, karna dianggap sangat diskriminatif.
Kekhawatiran inilah yang muncul dan dialami gereja HKBP Bekasi Pondok Timur pada akhir-akhir ini, terlebih pada hari Minggu yang 12 September 2010, dimana keberadaan atau eksistensi umat Kristen semakin "terpinggir" di Indonesia. Sebelumnya, di daerah Poso, Maluku dan Kalimantan pun pernah terjadi aksi teror yang begitu memilukan hati kita semua. Sejumlah warga gereja dan pendeta di bunuh, karna mempertahankan imanya atau karna tidak mau pindah agama. Teror ini semakin menjadi-jadi, karena aparat hukum terkesan membiarkannya, sehingga terjadilah pelanggaran hak azasi manusia (HAM) yang sungguh mengerikan. Era globalisasi yang betul-betul sebagai zaman yang penuh tantangan dan perubahan yang sangat cepat. Sebagai gereja yang hadir dan diutus ke dalam dunia, pada Sinode Godang tahun 2000 yang lalu HKBP mengambil thema "Berbuahlah seperti teladan yang kuberikan" Yoh 13.15.b. HKBP mengembangkan JATI DIRI HKBP sebagai Tubuh Kristus yaitu; Sebagai gereja yang hidup dan berpegang teguh kepada Firman Allah sebagai gereja yang punya tangan yang cukup panjang untuk menjangkau seluruh jemaatnya, sebagai gereja yang melakukan pelayanan yang holistik, Gereja HKBP yang kaya sebagai institusi dan sebagai tubuh Kristus. 
Terjadinya konflik horizontal bernuasa SARA yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian materi yang tidak terhitung. Dalam peristiwa-peristiwa tersebut beberapa gedung gereja yang kita miliki, seperti di Sungai Bengkal, Sungai Rumbai, dan Mataram beserta rumah-rumah warga HKBP rusak dan dibakar. Dibeberapa daerah, seperti di Kalimatan dan Batam terjadi ketegangan dan pertentangan antar etnis; sedangkan di tempat-tempat lain terjadi tindak kekerasan. Kita juga masih ingat dengan teror bom yang sebahagian diarahkan ke rumah-rumah ibadah. Salah satu diantaranya di letakkan di gereja HKBP Jln.Jendral Sudirman Medan pada 28 Mei 2000, walaupun tidak sempat meledak. Kita sangat memprihatinkan terhadap pemboman di gereja GKPI Padangbulan pada hari dan tanggal yang sama, yang mengakibatkan banyaknya korban luka; demikian juga pemboman di persimpangan Jln. Syailendra dengan Jln.Mataram tidak jauh dari Pardede Hall di mana umat Kristiani sedang berhimpun dalam rangkah perayaan HUT-50 PGI pada 12 Nopember 2000 yang mengakibatkan beberapa luka dan seorang meninggal dunia. Semuannya itu harus dihadapi denga arif dan bijaksana di dalam kebersamaan dengan gereja-gereja tetangga dan bersama saudara-saudara kita yang berpikiran positif yang mencintai kedamaian, ketenangan dan rasa solidaritas. Di tengah hidup yang penuh dengan Teror sekalipun kita harus berupaya untuk optimis, dan mau pula hidup harmonis dengan sesama kita.
Sehubungan banyak teror ini berbentuk melukai hati di dalam tubuh Kristus yang tergolong bentuk anarkis itu harus mengingatkan kita pada ajaran Alkitab "Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, lakukanlah apa yang baik dengan semua orang" (Roma 12.17). Dan Janganlah kamu menuntut pembalasan, firman Tuhan (Roma 12.19). "Pisau agama sangat sensitif" kata SBY dalam pertemuan Menteri, Bupati dan Gubernur di Istina Presiden pada hari Selasa, 14 September 2010, dan Presiden menghimbau agar seluruh  lapisan masyarakat agar tenang dan menjernihkan hati dan mendamaikan hari. Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan pada orang yang mengasihi Tuhan. Jamaan Tuhan dalam hati yang melakukan tindakan itulah yang menjawab kita untuk melakukan segala sesuatu yang kita ingin bersama. Luka baru yang baru terjadi dalam tubuh Kristus harus mematangkan, mendewasakan kita bahwa hidup mengikut Yesus harus memenangkan dengan "Kasih dan Doa". Luka yang baru saja terjadi dalam diri HKBP harus mengingatkan dalam diri harus berbuah dalam damai kasih Kristus, kita jangan terbahwa keinginan duniawi, jangan kita terbawah tindakan anarkis yang dapat membuat luka baru bagi diri kita dan orang yang disekitar kita."Tak ada pelaut yang ulung yang dilahirkan dari samudera yang tenang, tapi ia dilahirkan dari samudera yang penuh terpaan badai, gelombang dan topan". Kedewasaan iman diperoleh melalui proses yang kadang menyakitkan, tetapi buahnya manis. JBU. Syalom

Bersyukur atas kasihNya

Mzm 57.10-12
by.gr.abnerpanjaitan

Mengucapkan syukur berupakan bagian dari setiap kehidupan orang yang percaya kepada Tuhan, bersyukur merupakan satu cara untuk mengatakan atau meluapkan rasa terima kasih. kepadaNya  Dalam dunia yang kita jalan ini banyak liku-liku, cobaan, penderitaan. Dalam buku Mazmur 57.10-11, ia merasakan kebaikan dan pertolongan yang bersumber dari Tuhan Allah dimana saat menghadapi ancaman, dan hidup dalam gua dengan rasa ketakutan atas sikap Saul. Daud yang menghadapi Sual yang akan merencanakan pembunuhan akan dirinya. Keadaan yang sulit menjadikan Daud sungguh merasakan dan butuh petolongan Tuhan, hidup yang selalu diselimuti rasa cemburu, dengki, dan dendam mengakibatkan ia menjauhkan diri dari Saul (lht 2). 
Hingga saat ini dunia masih saja diburu oleh rasa itu, dimana kekerasan, iri hati dan dendam masih saja menguasai hati dan pikiran orang lain. Bagiamanakah anak-anak Tuhan untuk menghadapi ini?
1.Selalu andalkan Tuhan
Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, rasa dendam, iri hati, permusuhan menjadikan manusia jauh dari Tuhan. Keingin saling menyakiti satu dengan yang lain seolah-olah tidak dapat dibendung dengan ajaran-ajaran kebaikan Tuhan. Adakah ini menjadikan kita untuk berjalan selalu mengandalkan Tuhan? Pertanyaan ini harus dijawab dengan jujur. Disaat kita di hina, difitnah bagaimana hati dan perasaan kita, disaat kita dijatuhkan orang apakah kita juga ikut menjatuhkannya? Daud dalam hidupnya ia selalu bersama Tuhan didalam doa dan ucapan syukurnya. Daud mengatakan di dalam doanya kepada Tuhan 57:4 Kiranya Ia mengirim utusan dari sorga dan menyelamatkan aku, mencela orang-orang yang menginjak-injak .... Allah mengirim kasih setia dan kebenaran-Nya. Karena imanlah dia boleh merasakan kebaikan dan tuntunan Tuhan dalam hidupnya. Besyukurlah bahwa sampai detik ini Allah masih hidup dan membuka hatinya untuk kita semua (lht Amsal 3:5) 'Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri'.(bnd Yes 31.1)
2. Milikilah Iman kemenangan
Orang Kristen sering menyebut diri mereka sebagai "orang percaya" atau "orang beriman" karena kehidupan orang Krieten bertolak dari iman dan berjalan dalam iman. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan; 'Perbuatan akan bersuara lebih keras daripada kata-kata'. Rasul Yakus mengatakan Yak 2.18; "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku." Iman atau kepercayaan adalah suatu yang abstrak, yang tidak terlihat, namun bisa diungkan dengan kata-kata dan perbuatan. Seseorang mengatakan bahwa ia percaya Tuhan pasti buka jalan untuk masalah yang sadang dihadapinya. Tetapi kenyataan, ia stress berat dan tidak bisa tidur. Apakah ini mencerminkan apa yang ia katakan? Tentu saja tidak. Jika ia percaya Tuhan akan buka jalan, seharusnya ia tidak perlu panik dan stress. Perbuatan kita mencerminkan iman kita. Kalau kita  berbuat dan bertindak sama seperti orang yang beriman, sekalipun mulut kita berkali-kali mengatakan bahwa kita adalah orang beriman, mengatakan bahwa kita adalah orang yang beriman, tetap saja kita bukan orang yang beriman. Iman yang sejati terbukti perbuatan dan teruji melalui waktu. 
3. Hidup untuk Tuhan
Mengapa masih banyak orang yang murung di abad super canggih ini? Berbagai angket telah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan ini. Kebosanan di dalam melakukan rutinitas adalah prosentasi terbesar untuk menjawab pertanyaan di atas. Supaya umat Tuhan tidak hidup dalam kemurungan, ia harus hidup untuk Tuhan hari demi hari, Selalu banyak bersyukur atas kasihNya, atas kebaikan yang Tuhan berikan kepada kita.
Iblis akan selalu berusaha memalingkan kepercayaan anda dari Tuhan dengan lebih mempercayai kuasa-kausa kegelapan, dukun dan orang-orang sakti. Anda harus tahu bahwa semua kuasa di dunia ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kuasa Tuhan kita. Ketika Musa memimpin bangsa Israel ia menasehati bangsa itu dengan menjauhkan diri dari seluruh kekuatan dunia Imamat 19:31 'Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu'. Hidup bersama dengan Tuhan mendorong kita untuk tetap lebih gembira ( lht Amsal 17:22 ). Karna itu hidup bersama Tuhan, bersyukurlah atas kasihnya didalam doa, tindakan, perbuatan kita dan tinggikanlah Dia dan biarlah kemulianNya mengatasi segalanya. Amin