Rabu, 13 Oktober 2010

”WASPADAI TIGA PERKARA”

gr.abnerpanjaitan

      Memang bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk tetap berdiri teguh di hadapan Tuhan, tetapi Dia memberik tuntunan bagaimana kita bisa tetap hidup berkenan di hadapanNya. Di dalam 1 Yoh 2.15, dipaparkan bahwa ada tiga perkara yang harus kita waspadai supaya kaki kita tidak tersandung sehingga kita tetap berada di jalur Tuhan.
      Pertama, keinginan daging. Keinginan daging adalah segala keinginan untuk memuaskan nafsu, di mana semata-mata yang dipikirkan adalah kesenangan duniawi. Contoh nyata keinginan daging ialah; pencabulan, kecemaran, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percinderaan, memecah belah, dengki, mabuk-mabukan dan pesta pora atau hedonisme ( bdn Gal 5.19-21). Banyak orang Kristen, bahkan hamba-hamba Tuhan yang terjebak di dalam kategori keinginan daging di atas. Hari ini baiklah kita mengoreksi diri, adakah kita sedang berjalan di salah satu rel keinginan daging itu ? Berhati-hatilah karena keinginan daging berpeluang besar menjauhkan diri kita dari Tuhan.
      Kedua, keinginan mata. Keinginan mata berhubungan dengan segala sesuatu yang membuat kita tamak dan serakah. Dosa yang satu ini membuat kita ingin memiliki apa saja yang dilihat oleh mata kita, meskipun itu merugikan pihak kita. keinginan inilah yang membuat Raja Ahab membunuh Nabot karena Ahab serakah ingin memiliki kebun anggur Nabot. Waspadai terhadap keinginan mata, hiduplah dengan penguasaan diri (lih Rom 12.2).
      Ketiga, keangkuhan hidup. Keangkuhan dapat membutakan mata rohani kita, karena keangkuhan membuat kita meninggikan diri sendiri. Keangkuhan membuat Nebukadnezar yang meninggikan diri dihukum Tuhan menjadi seperti lembu selama tujuh masa ( Dan 4.1-37). Tuhan membenci keangkuhan sebab keangkuhan membuat seseorang tidak mengakui Dia. Belajarlah hidup rendah hati, karna Tuhan mengasihi orang yang rendah hati.
Waspadailah tiga perkara dan awasilah dirimu dari ketiga hal itu dan ingatlah: Keinginan daging membawa kepada maut, keinginan Roh membawa kepada hidup dan damai sejahtera. Amin                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar