Sabtu, 23 Oktober 2010

Kekuatan Ucapan Syukur

gr.abnerpanjaitan

      Bersyukur untuk sesuatu yang baik memang sangatlah mudah, tetapi ketika kita juga belajar bersyukur untuk keadaan yang tidak baik, sebenarnya kita sedang mengubah sesuatu yang negatif menjadi positif, sesuatu yang tidak baik menjadi baik. Sungut-sungut dan kemarahan tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, sebaliknya sungut-sungut dan kemarahan tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, sebaliknya sungut-sungut dan kemarahan akan memperburuk keadaan. Hati semakin terasa panas, jengkel dan akhirnya tubuh terasa lelah. Orang yang melihat dan mendengar sungut-sungut kita pun akan menjadi jengkel. Untuk kejadian apa pun juga, lihatlah sisi positifnya dan jadikan alasan untuk mengucap syukur.
      Kita bahkan dapat melakukan lebih dari itu, kita tidak hanya membiasakan diri untuk senantiasa mengucap syukur, tetapi kita bisa mendorong orang lain juga untuk melakukan hal yang sama. Ketika seseorang datang kepada kita dan mulai bersungut-sungut ataupun mengeluh banyak hal, katakan kepadanya mengenai banyak hal yang patut ia syukuri. Jangan menanggapi sungut-sungut dan keluhan dengan ikut bersungut-sungut atau mengeluh, sebaiknya ajak dia untuk mengucap syukur dalam segala hal.
      Tips untuk menjauhkan diri kita dari sungut-sungut, amarah, berkeluh ada berbagai cara atau metode yang harus kita lakukan untuk menolong kita :
1.    Sebelum engkau mengeluh karena rasa makan yang tidak enak, ingat orang lain tidak    bisa menikmati makan apa-apa.
2.    Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau istrimu, ingat  seseorang sangat merindukan pasangan hidup namun belum mendapat.
3.    Hari ini sebelum engkau tentang hidup yang engkau jalani, ingat seseorang yang mati pada usia muda.
4.    Ketika engkau mulai mengeluh mengenai anak-anakmu, ingatlah pasangan yang sampai kini masih menangis kepada Tuhan untuk meminta anak, tetapi belum mendapatkannya.
5.    Sebelum engkau marah dan mengeluh karna rumahmu bocor, kotor atau kurang besar, ingat gelandangan yang tidak mempunyai rumah.
6.    Ketika engkau mengeluh tentang pekerjaanmu, ingat orang cacat dan penggangguran yang sangat menginginkan pekerjaan itu.
Bagaimanapun kondisi hidupmu, ingatlah bahwa hidup ini ANUGERAH yang terindah dari Tuhan. Jalani setiap keadaan dengan ucapan Syukur dan terima kasih dan tetap ingat untuk bersyukur. David McCarthy mengatakan ” ORANG YANG TIDAK INGAT UNTUK BERSYUKUR ADALAH DIA YANG TERTIDUR DI DALAM HIDUPNYA ”. Bersyukur merupakan teropong iman yang mampu melihat sesuatu yang baik dari keadaan bagaimanapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar